Sabtu, 15 Oktober 2016

Keutamaan Membaca Al Quran Surat Al Ikhlas

Keutamaan Membaca Al Quran Surat Al Ikhlas
Al Quran adalah Kalam Allah Swt yang terdiri dari 30 juz 114 surat  6236 dan setiap surat di dalam alquran mempunyai keutamaan bagi yang membacanya seperti Keutamaan Membaca Al Quran Surat t Al Ikhlas surat yang pendek yang hanya terdiri dari 4 ayat pendek saja namun walaupun pendek  surat t Al Ikhlas mempunyai fadilah atau keutamaanbagi yang senantiasa  membacanya adapun isi suratnya adalah sebagai berikut

 
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ
قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ﴿١﴾ اللَّهُ الصَّمَدُ ﴿٢﴾ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ ﴿٣﴾ وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ ﴿٤﴾

Qul huwa allaahu ahad(un), allaahu alshshamad(u), lam yalid walam yuulad(u), walam yakullahu kufuwan ahad(un).


Artinya:
1). Katakanlah: Dia-lah Allah, Yang Maha Esa
2). Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu
3). Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan
4). Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia

Adapun Keutamaan Membaca Al Quran Surat Al Ikhlas adalah sebagai berikut

Keutamaan Membaca Al Quran Surat Al Ikhlas


Membaca sebanyak tiga kali sama seperti dengan membaca 30 juz Al-Quran hal ini di etrangkan dalam sebuah hadist

Rosululloh SAW pernah bertanyakepada para sahabat  Siapakah antara kalian yang dapat mengkhatamkan Al-Qur an dalam jangka masa singkat )?

Tiada seorang dari sahabatnya yang menjawab. Malah Sayyidina 'Umar bin Khattab r.a. (Rodliyallohu 'anhu) telah mengatakan bahwa mustahil untuk mengkhatamkan Al-Qur an begitu cepat. Kemudian Sayyidina 'Ali bin Abi Tholib k.w. mengangkat tangannya, menyatakan kesanggupan. Sayyidina 'Umar berkata kepada Sayyidina 'Ali bahwa Sayyidina 'Ali (yang masih muda pada waktu itu) mungkin tidak tahu apa yang dikatakannya itu.

Kemudian Sayyidina 'Ali bin Abi Tholib membaca Surat Al-Ikhlas tiga kali. Rosululloh SAW menjawab dengan mengatakan bahwa Sayyidina 'Ali bin Abi Tholib benar. Kemudian menerangkan bahwa membaca Surat Al-Ikhlas sekali ganjarannya sama dengan membaca 10 juz kitab Al-Qur an atau sepertiga Al-Qur an. Jika membaca Surat Al-Ikhlas sebanyak tiga kali Khatamlah Al-Quran karena dengan membaca sebanyak tiga kali sama seperti dengan membaca 30 juz Al-Quran.

Adapun Keutamaan Membaca Al Quran Surat Al Ikhlas yang lainnya

Dari Abu Hurairah r.a., beliau berkata: "Aku pernah bersama Rosululloh Muhammad sholallohu 'alaihi wasallam dan disaat itu beliau mendengar seseorang membaca Al-Ikhlas. Lalu beliau bersabda: "Dia telah mendapatkan", Abu Hurairah bertanya: "Mendapatkan apa wahai Rosululloh?" Beliau menjawab: "Al-Jannah (surga)."

HR. At Tirmidzi

Dalam hadits yang lain beliau bersabda: "Kecintaanmu terhadap surat Al-Ikhlas memasukkanmu ke dalam al jannah."

HR. Al-Bukhari

Adapun keutamaan keutamaan yang lain ialah seprti keutamaan membaca Al quran pada umumnya seperti
Akan Memperoleh ketenangan dan rahmat Allah.
Slah satu Keutamaan Membaca Al Quran ialah Pembaca Al-Qur’an akan memperoleh ketenangan dan rahmat Allah.
Dalam satu hadist diceritakan bahwa ada seorang laki-laki membaca surat Al-Kahfi, dan didekatnya ada seekor kuda tertambat dengan tali panjang. Sekonyong-konyong datang awan menyelubungi tempat orang itu, sehingga kuda tersebut berputar-putar ditambatannya lalu lari. Ketika hari telah pagi, orang itu mendatangi Nabi SAW. lalu diceritakannya kepada beliau peristiwa yang dialaminya itu. Sabda Nabi SAW., “Itulah ‘sakinah’ (para malaikat turun membawa ketenangan dan rahmat) bagi pembaca Al-Qur’an.” (Shahih Muslim: 765)
dan masih banyak lagi tentang Keutamaan Membaca Al Quran yang bisa sobat baca di sini

0 komentar:

Posting Komentar